Review & Giveaway: Irish

Judul: Irish
Penulis: Kamal Agusta
Penyunting: Diara Oso
Penyelaras Akhir: RN
Tebal: 220 halaman
Cetakan: 1, Mei 2017
Penerbit: de TEENS (DIVA Press Group)

irish foto

*bersih-bersih debu*

Sudah lumayan lama saya nggak nulis satu huruf pun di blog ini. Selain karena malas, saya juga lagi sibuk dan berujung kepada tepar setelah pulang (yah, kemudian nonton Youtube sih). Katanya sih berbukalah dengan yang manis. Karena itu saya membuka lagi blog ini dengan foto saya review satu buku yang manis-manis ala remaja masa kini.

Namanya Irish, dan dibalik tubuhnya yang mungil ada keinginan yang kuat. Untuk mempertahankan klub musik sekolahnya yang terancam bubar karena tidak menunjukkan prestasi. Tentu saja Irish tidak rela, musik adalah hal yang ia cintai, dan klub musik adalah bagian penting dari kehidupannya. Untungnya sekolah mereka SMA Budi Pekerti tidak asal main bubar, mereka memberi waktu untuk klub musik itu menunjukkan prestasinya. Saat berdiskusi dengan pembina klub, Ibu Dewi, beliau menyebut nama Alvaro Malik.

Alvaro adalah murid baru di SMA Budi Pekerti. Ia baru tiba sebulan lalu, tapi sudah suka membuat masalah untuk dirinya sendiri, sebut saja sering membolos sekolah. Sikapnya pun tidak ramah, bahkan bisa dibilang sombong. Perjumpaan pertama Irish dengan Alvaro saja sudah tidak enak, lempar-lemparan kerikil. Maka ketika Bu Dewi berkata bahwa Alvaro dapat menyelamatkan klub musik, itu menjadi pekerjaan berat untuk Irish.

Satu hari, Agung membawa flyer menarik tentang kompetisi musik. Itu adalah kesempatan yang baik sebagai ajang pembuktian klub musik masih bisa berdiri. Irish pun makin bertekad untuk mencoba mengajak Alvaro, yang sebelumnya adalah murid dari seorang pianis jenius dan terkenal. Walaupun sering dongkol akibat kelakuan Alvaro, Irish enggan berputus asa dan siap untuk berperang. Dalam gerilyanya, Irish lama-kelamaan makin mengenal Alvaro dan mencoba memahami apa alasan Alvaro menolak habis-habisan ajakan Irish untuk bergabung.

Lalu, diiringi denting piano, petikan gitar, dan harmoni nada alat musik, sekelompok anak SMA berjuang demi klub yang mereka cintai.

Begitulah premis yang tertulis di belakang buku. Ketika membacanya saya senang karena bisa membaca buku remaja yang menuliskan soal pencapaian cita-cita, juga kehidupan SMA yang ceria dan penuh warna. Di beberapa bagian, kehidupan murid yang menyenangkan tergambar dari percakapan antar tokohnya yang real dan selaras dengan percakapan kita sehari-hari. Kita yang sejak awal mengetahui bahwa Alvaro memiliki masalah dengan keluarga, ketika masalah ini bertambah besar dan pelik, hati saya rasanya ikut sakit seperti ditusuk-tusuk. Dan kehidupan di usia remaja ini bukan perkara mudah, percaya deh sama saya *nyengir kuda*.

Namun suksesnya penulis menampilkan imej badboy tapi kusuka kurang sesukses penyajian ide awalnya yang adalah tentang musik dan semangat bermusiknya. Misalnya, saat latihan bermusik, tidak disebutkan berapa orang yang bermain, alat apa saja yang dimainkan, siapa bermain apa, atau bahkan tidak tertulis siapa konduktornya. Itu membuat saya tidak bisa membayangkan akan seperti apa musik mereka, pula dengan adanya tiga pemain gitar di satu piece yang akan klub musik mainkan saat kompetisi, Symphony no. 9 in D minor. Selain itu, perlu adanya suntingan di sana-sini baik dari penulis maupun penyunting yang akan membuat novel ini lebih rapi.

Aku nggak tahu apa alasanmu nggak mau bermain musik lagi. Tapi, aku ingin kamu tahu, selagi ada kesempatan, lakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Jangan pernah lari dari apa pun, hingga meninggalkan sesuatu yang kamu cintai. Agr kamu nggak perlu menyesal nantinya. (Halaman 107)

Kalau soal tokoh, semua tahu bahwa cewek manis (tapi sedikit galak, lol) dan cowok belagu adalah pasangan yang menggemaskan. Yang setiap baca tokoh yang semacam ini saya kemudian agak pundung, kok waktu SMA saya nggak ketemu yang semacam ini :p. Nah, kamu-kamu bisa lah mulai menebak apa yang akan terjadi dengan Irish dan Alvaro. Eiits, jangan sedih dulu, Alvaro punya “saingan” kok. Jadi, bagaimana kira-kira ya perjalanan bermusik dan kisah dua sejoli (ceile dua sejoli) ini?

=== GIVEAWAY TIME ===

irish banner

Penerbit DIVA seperti biasa bermurah hati akan membagikan gratis buku unyu ini. Total akan ada 4 buku yang dibagikan. Blog casualbookreader ini akan kebagian 1 buku yang untuk dihibahkan. Caranya mudah dong:

1. Wajib memiliki alamat kirim yang ada di Indonesia.

2. Wajib follow akun twitter @divapress01 atau like akun FB Penerbit Diva Press.

3. Untuk kamu yang main Instagram, follow akun Instagram @casualreader4 (karena ijk mau jadi selebgram dong ah)

4. Wajib share postingan giveaway ini di Twitter / Facebook

5. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar. Cukup sekali saja ya:

“Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

6. Format jawaban:

Nama:
Twitter/Facebook:
Link Share:
Jawaban:

7. Kuis ini akan berlangsung dari tanggal 8-14 Mei 2017. Saya akan memilih satu pemenang dari satu jawaban yang paling menarik. Pengumuman pemenang insya Allah Senin, 15 Mei 2017.

Terima kasih :)

32 thoughts on “Review & Giveaway: Irish

  1. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/861424668355379200

    Jawaban :

    Menghibur diri & orang lain, karena pasti menyenangkan berbagi hal yg kusukai dgn orang banyak. Dari dulu aku pengen banget bisa main gitar, udah beberapa kali coba belajar tapi nggak bisa2 (mungkin efek jari2ku yg pendek) XD . Aku selalu ngebayangin kalo aku mahir main gitar, pasti hari2ku tidak akan pernah membosankan. Sepekan sekali ke taman kota untuk gitaran, ditonton banyak orang dan dari situ aku jadi punya banyak temen. Ikutan lomba2 musik dan bisa belajar dari gitaris handal di Indonesia & dunia. Kalau pun bakat bermusikku nantinya akan kujadiin profesi, aku mau buka tempat kursus gratis buat anak2 jalanan yang suka ngamen di perempatan lampu merah itu. Biar meski pengamen, musik mereka berkualitas :) dan membuka peluang kehidupan buat mereka yang lebih baik juga dari bermusik. Ahhh ngebayanginnya ajah udah happy gini XDXD.

    Wish me luck ({})

    Like

  2. “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Nama: Koko Ferdie
    Facebook : Koko Ferdie
    Link Share: https://web.facebook.com/koko.ferdie/posts/1739138382770116?ref=notif&notif_t=like&notif_id=1494218213501380&_rdc=1&_rdr

    Jawaban: Jika aku diberi bakat dalam bermusik aku ingin menghibur orang lain dengan bakatku tersebut. Aku juga ingin punya pencapaian dalam karir bermusikku, mungkin dengan cara mengikuti kompetisi yang nantinya bisa melambungkan namaku–tanpa dipungkiri ingin membuat orangtua bangga pada anaknya ini.

    Like

  3. Nama : Isro’in Tri Masruroh
    Twitter : @isro_in
    Link Share : https://mobile.twitter.com/isro_in/status/861475714918490112?p=v
    Jawaban :
    Alhamdulillah nya sejak kecil aku memang menyukai segala hal tentang musik. Hobby banget sama yang namanya nyanyi & main alat musik (meskipun gak pandai). Yang biasa aku lakukan dengan Hobby ku adalah mengembangkannya agar semakin mahir. Di antaranya Ikut Lomba, Paduan Suara, Karawitan dan Nyanyi di suatu acara.
    Keinginanku ke depannya adalah ingin melanjutkan kuliah di jurusan Seni Musik agar aku bisa semakin mahir dan mendalami Musik itu sendiri. Setelah itu aku akan menggunakan ilmu ku untuk mengikuti berbagai kompetisi yang di adakan di Indonesia maupun Luar Negeri, tentunya sangat senang bukan jika kita berhasil membawa bakat kita sampai ke luar negeri. Selain membanggakan orang tua, tentunya juga akan membanggakan negara sendiri.
    Jika aku sudah sukses, aku ingin membuka Sekolah Musik yang tentunya tidak hanya untuk anak mampu & berbakat saja. Aku akan adil untuk membagi ilmu kepada yang tidak mampu & yang belum mempunyai bakat bermusik. Karena musik adalah suatu kreativitas dan ekspresi manusia terhadap media seni untuk menciptakan suara atau bunyi yang indah & penuh makna. Musik juga dapat menghibur, mencerdaskan dan menenangkan dari suatu masalah. Jadi siapapun itu bebas untuk bermain musik :)
    Maaf kepanjangan jawabannya, saking semangatnya sama musik :D
    Wish Me Luck. Pengen banget bukunya… :)

    Like

  4. Nama : Dayu Ledys
    Twitter/ig : @dayuledys / cacingbuku
    Facebook : Dayu Ledys
    Link Share :

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1427585170597622&id=100000384579146&ref=bookmarks

    Jawaban :
    Sebelumnya aku mau bilang dulu nih bakat musik seperti apa yang ingin aku miliki. Awalnya (ini impian dari dulu pas SMP) pengen banget bisa main Biola, soalnya anggun gitu, tapi makin kesini ntah kenapa makin nggak tertarik ._.v

    Jadi aku memutuskan pengen bisa main gitar dan piano. Karena pas maininnya bisa sambil nyanyi. Huehehehe ..

    Kalo udah punya bakat, lalu aku pengen ngapain?
    Pengen bikin cover lagu2 buat di upload di youtube, kemudian jadi artis youtube, kalau udah terkenal aku pengen banget bikin konser amal, pengen bantu anak-anak yang membutuhkan lewat sebuah konser.
    Berhubung aku ga ada bakat musik, kayaknya ini susah terwujud ya T.T
    Tapi kali aja ada kalian yg baca ini trus jago bermusik, semoga terinspirasi yaa, hehehee ..

    Like

  5. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense
    Domisili: Bandung
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/861542674695806977

    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”
    Saya ingin membuka sekolah musik gratis bagi anak-anak berbakat lainnya, terutama bagi yang kurang mampu supaya mereka tidak harus hidup di jalanan tapi bisa benar-benar bersinar seperti Joey Alexander. Selain itu, saya juga ingin keliling Nusantara bahkan dunia untuk perform dan mengajar musik agar semua orang lebih peduli pada karya cipta seorang Musisi.

    Salam kenal kak, makasih atas kesempatannya.

    Like

  6. Nama: Kuni Umdatun Nasikah
    twitter/fb: kuni_cuny/kun kuni (kuni umdatun nasikah)
    link share: https://web.facebook.com/kuni.umdatun
    jawaban: jika aku punya bakat bermusik, aku akan mengajarkannya pada orang lain. Pastinya ilmu harus diamalkan dulu. Dan, musik itu sendiri akan terdengar lebih indah jika yang memainkan orang banyak. Setelah itu, kelak jika aku sudah punya keturunan, aku akan memperdengarkan musik yang indah itu supaya buah hatiku menjadi anak yang cerdas. Terbukti musik klasik sangat bermanfaat bagi kandungan dan anak kecil. Hal itu kulakukan di samping keinginanku memperdengarkan alquran juga..Terima kasih..

    Like

  7. Nama: Septi Retno Wulansari
    Twitter/Facebook: Septi IKu Saya
    Link Share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1674917772535846&id=100000529170350&ref=bookmarks
    Jawaban: Jika aku punya bakat bermusik aku ingin mendirikan sekolah musik untuk orang – orang yang kurang mampu, mengajari mereka segala hal tentang musik dan membuat mereka mencintai musik dengan sepenuh hati. Selain itu aku juga akan membuat konser bersama dengan anak – anak didikku nanti, Melakukan tour konser musik bersama yang pasti akan menjadi bagian hidup yang tak terlupakan untuk kami. Merasakan kesuksesan bersama.
    Apalagi jika kebahagiaan dengan bermusik itu nanti juga mereka tularkan pada orang lain , aku akan semakin senang karena dengan bakatku tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga orang – orang di sekitarku :)

    Like

  8. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/861773035119849472
    Jawaban:

    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Terus mengasah bakat yang aku miliki hingga aku benar-benar menguasainya, lalu menciptakan sesuatu yang bisa menghibur dan menginspirasi banyak orang. Aku juga akan mengajarkan keahlian yang aku miliki kepada siapapun yang ingin belajar menguasainya.

    Like

  9. Nama: Yohana
    Twitter: @mrssiallagan
    Link Share: https://twitter.com/MrsSiallagan/status/861797739251630080
    Jawaban: Kalau saya memiliki bakat musik, maka yang akan saya lakukan adalah menggalang dana dengan bermain musik bagi anak-anak penderita kanker. Bagaimanapun musik adalah universal dan bisa menjadi hiburan buat mereka. Selain hiburan, musik bisa menghasilkan sesuatu yaitu uang. Uang tersebut ingin sekali saya persembahkan untuk anak-anak penderita kanker. Bagaimana pun mereka hanyalah anak-anak polos yang hanya ingin bermain tanpa rasa sakit.

    Like

  10. Nama: Ardhini Maharani
    Twitter: @nakgent
    Link Share: https://twitter.com/nakgent/status/861823704094752768
    Jawaban:
    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Kalau dapat bakat musik ya? hmm mungkin aku akan ikutan kompetisi marching band kali ya?? Karena sebenarnya dulu saya pernah main mellophone di marching band kampus tapi sayangnya saya kurang berbakat dan jumlah anggota kebanyakan untuk mengikuti kompetisi GPMB (Grand Prix Marching Band), jadilah saya tidak ikut GPMB itu. :( Sedih. Tapi saya tetap bermain mellophone sih. Soalnya mellophone itu asyik, suaranya lembut, “keras” tapi tidak cempreng dan banyak bermain di nada. Jadinya dengan mellophone saja, lagu sudah bisa terdengar nada & iramanya. Menyenangkan!! Apalagi kalau dulu saya bisa ikut GPMB. Fyuhh pasti rasanya hebat banget!! Sampai tidak bisa dibayangin! Pasti saya akan nangis terharu! Karena hampir semua anak marching bercita-cita ingin menginjakkan kaki dan bermain di GPMB. Ya karena perjuangan dan jerih payah untuk mencapai kesana itu tidak gampang. Bukan hanya bakat saja yang dibutuhkan tapi juga disiplin. Bayangkan saja teman-teman marching dari sore hingga malem – sampai nyuri-nyuri waktu kuliah buat latihan, hanya untuk tampil di GPMB, kalau bukan karena cinta sama musik dan bakatnya memang disitu, tak mungkin mau melakukan itu semua! Tapi sudahlah, itu sudah berlalu.. Musik memang menyenangkan sih, dengan musik, saya dipertemukan dengan orang-orang hebat calon orang sukses di masa depan. Keren!

    Selain itu, jika saya memang berbakat musik, saya mungkin juga akan berkecimpung di seni tradisional jawa seperti gamelan atau jathilan. Karena di kampung saya itu sebenarnya ada komunitas jathilan, tapi sayangnya kurang berjalan, saya ingin kembali menggerakkan komunitas itu agar bisa melestarikan budaya sekaligus menambah pendapatan untuk Karang Taruna, agar Karang Taruna bisa melaksanakan kegiatan tanpa harus meminta sumbangan warga. Lagipula dengan berjalannya jathilan itu nanti, pemuda di kampung saya yang tadinya hanya menganggur bisa berkegiatan kembali dan menambah penghasilan walau hanya sedikit. Yahh memang sih kalau mau mengajak itu, tidak harus berbakat musik dulu, tapi kalau saya hanya “menyuruh” mengaktifkan kembali komunitas jathilan itu tanpa ikut bermain disana dan hanya main suruh dan ‘yok yok!’. Kan kesannya menyebalkan sekali..jadi sebenarnya bakat bermusik itu penting sih.

    Ada lagi yang mau saya lakukan jika punya bakat musik yaitu….Jalan-jalan! Jalan-jalan bareng temen, selalu bawa gitar, biar bisa nyanyi-nyanyi bareng! Pasti asik! Bisa menghidupkan suasana! Sambil camping di pantai, api unggun-nan, ngobrol-ngobrol sambil nyanyi-nyanyi.. hmmm asoyyy Hahaha

    Like

  11. Nama: Siti Faridah
    Twitter/Facebook: @sitifaridah96 / Siti Faridah
    Link Share: https://mobile.twitter.com/sitifaridah96/status/861530871257591808?p=v
    Jawaban: Saya ingin bermusik dan bisa menyanyi serta memainkan piano. Setelah itu bisa konser keliling Indonesia bahkan dunia dan juga semoga bisa menghasilkan uang yang halal dari bermusik dan ingin membuat orang tua serta orang-orang terdekat bangga dan bahagia. Selain itu saya juga ingin mempunyai usaha di bidang pembuatan piano karena saya pernah bekerja di pabrik pembuatan piano selama satu tahun. Ingin menciptakan lagu untuk para penyanyi juga.

    Like

  12. Nama: Oci
    Twitter: @arthms12
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/861856496501444608

    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Jawaban: aku ingin sekali jadi bagian dari sebuah pentas😄 pentas apa aja deh, yang perlu musik. Kalau bisa, ikutan yang tradisional atau pentas kecil-kecilan. Band buat di kafe juga lucu >_< tapi sepertinya jadi pemain terompet di sirkus keliling dunia juga seru!
    Dari dulu suka dengerin musik, main alat musik bisanya rekorder doang😅 (dan itu pun nggak bisa-bisa amat sih ._.)
    Pengen banget bisa jadi pemain piano atau gitar, tapi terlepas dari itu, musik itu membawa ketenangan tersendiri, selalu pengen menjelalah dunia sambil bermusik. 😁

    Like

  13. Nama : Erlina Nurochman
    Twitter :@erlinanurochman
    Link share : https://twitter.com/erlinanurochman/status/861867261908238336

    Jawaban :
    Seandainya aku bisa bermusik, memainkan nada-nada yang indah, aku hanya ingin terus memainkannya. Aku hanya ingin menghiburmu melalui syair dan nada nada indah isi hatiku. Aku hanya ingin di dengarkan dan merasuki hatimu melalui hal indah yang dapat kau dengar.

    Teruntuk kamu, yang kuharap kan jadi takdirku

    Like

  14. Nama: Saidatun Ni’mah
    Twitter: @sava_lova
    Share link: https://twitter.com/sava_lova/status/861835316499316737

    Jawaban:

    Kalau aku dianugrahi bakat bermusik, alat musik yg ingin aku mainkan adalah gitar. Tidak perlu muluk-muluk, untuk melakukan konser keliling dunia dan sebagainya. Bagiku, cukup dengan bermain gitar dan bernyanyi bersama anak2 pasti akan sangat menyenangkan. Atau memetik gitar sambil bernyanyi di depan api unggun saat camping bersama teman2. Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan.

    Tapi sayang itu hanya bayangan. Karna ternyata bermain musik tidak semudah yg dibayangkan. Entah karena belajarnya yg kurang sungguh2 atau memang tidak berbakat. Yang jelas, memilik bakat dalam bermusik merupakan anugrah yg sangat besar. Jadi, siapapun yg memiliknya jangan sia-siakan, dan gunakanlah bakat tersebut untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. :)

    Like

  15. Nama: Ratna
    Akun twitter: @imratnasr
    link share: https://twitter.com/imratnasr/status/862490127171411970

    Jika aku di karuniani dengan bakat bermusik, aku pasti akan mengabdikan diri aku untuk musik.

    Dari kecil, aku ingin banget bisa main alat musik, tapi bukan gitar yang biasa dimainkan orang, aku ingin sesuatu yang berbeda. Aku ingat waktu itu aku ingin di belikan sebuah biola atau cello kepada orang tuaku.

    Namun, keinginan itu tidak bisa tercapai karena aku bukan orang kaya. harga biola atau cello itu mahal, jadi aku hanya mengubur keinginan itu agar tidak membebani orang tua.

    Jadi, jika aku memiliki anugerah bermusik aku ingin mendirikan sekolah musik untuk anak-anak seperti aku (yang tidak punya biaya) agar mimpinya terkabul. Aku akan mengajari mereka segala kemampuan yang aku punya, melahirkan bibit-bibit muda berbakat untuk tanah airku, dan pasti aku akan amat sangat bahagia, karena apa yang aku pelajari selama ini berguna untuk orang lain.

    Like

  16. “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”
    Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link Share: https://twitter.com/desitaw97/status/862845265425776641
    Jawaban:
    1. Mengasahnya biar gx sekedar jd bakat terpendam dan menjadikannya aktivitas rutin [sejenius apapun bakat seseorang dlm suatu hal, jika ia tak pernah mengasahnya maka bakat itu gak akan maksimal atau bahkan bisa tumpul]
    2. Memanfaatkannya untuk membantu jalannya pertunjukan di kelompok teater yg aku ikuti
    3. Pingin banget menciptakan musik yang bisa menggambarkan indahnya dunia supaya yg tunanetra juga bisa merasakannya
    4. Musik adalah bahasa yang universal, jadi dengan bermusik aku berharap bisa menciptakan ikatan dengan semua makhluk

    Like

  17. Nama: vena dwi masfiyah
    Twitter: @venadwim
    Link Share: https://mobile.twitter.com/venadwim/status/862862648232353792
    Jawaban: kalau memang bisa aku mendapatkan bakat bermusik aku akan mengembangkan bakatku itu. Mungkin aku bisa sekolah musik, ikut acara festival musik, dan mungkin bakal gabung sama sebuah band. Terus kalau memang sudah jago atau diakui sebagai pemusik profesional bolehlah untuk membuka sekolah musik, jadi guru musik gitu.

    Like

  18. Nama : Dinan Wiyantika
    Twitter : @dinan_wiyantika
    Link Share : https://mobile.twitter.com/dinan_wiyantika/status/862931448424091649

    Jawaban : Jika aku diberi bakat bermusik aku akan mengasah bakat itu dengan baik,selalu mempelajari perkembangan musik dan menggunakannya dengan sebaik mungkin tentu saja yang dapat memberikan poin positif bagi orang lain dan membuat mereka bahagia.
    Salah satu hal yang ingin aku lakukan yaitu menghidupkan kembali dunia musik anak-anak.Aku sangat prihatin dengan anak-anak jaman sekarang,setiap hari mereka hanya mendengar lagu-lagu orang dewasa dan sering menyanyikannya yang sebenarnya mereka tidak tahu apa arti dari isi lagu tersebut.Lebih mirisnya lagi di saat disuruh menyanyikan lagu anak-anak pun mereka tidak bisa.
    Untuk itu aku ingin sekali menciptakan lagu untuk anak-anak atau mungkin menaransemen ulang lagu anak-anak jaman dulu.Sehingga anak-anak bisa menikmati musik yang sesuai dengan usia mereka.

    Like

  19. Nama: Dhita Agustina
    Akun twitter: @Akhwatgus1
    link share: https://twitter.com/Akhwatgus1/status/862914529126039552

    Diberikan anugerah suatu bakat sungguh membuat lembaran hidupku lebih berwarna. Ketika alunan musik menghidupkan kesunyian dalam hatiku maka aku juga harus menghidupkan setiap nada-nada musik hingga orang lain juga ikut merasakannya. Aku akan menunjukkan kepada khlayak umum seberapa damai dan indah hidup kita melalui pertunjukan musik. Aku berharap setiap orang mampu menghargai setiap alunan musik melalui dentingan piano, petikan syahdu gitar, hingga nyanyian yang kubawakan. Melalui musik aku dapat menyuarakan kebahagian hingga perasaanku kepada dunia.

    Jadi aku akan kuusahakan melantunkan dentangan musik hingga dunia bangga dengan apa yang bernama musik itu. Membuat dunia lebih berirama serta mendamaikan setiap rasa sakit setiap orang. Kurasa aku bisa melakukannya. Dan memang harus.

    Like

  20. Twitter: @san_fairydevil
    Link Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/863471931030257665
    Jawaban:
    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Kalo aku punya bakat bermusik, aku bakal mengasah bakat bermusik itu. Aku akan menggunakan keahlian bermusikku itu untuk menghibur orang. Setelah itu aku akan menggunakan bakat itu untuk melanjutkan hidup (karena itu realistis), aku akan membuka tempat les musik bukan untuk orang-orang pro tapi untuk anak-anak yang ingin bermain musik. Aku akan membuat lagu yang bisa dinyanyikan seseorang. Yang jelas jika aku mempunyai sebuah bakat, aku akan memaksimalkan bakat yang aku miliki itu dan di sini bakatku adalah musik.

    Like

  21. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/863633273339092992
    Jawaban:
    “Kalau kamu dianugerahi bakat bermusik, apa yang ingin kamu lakukan dengan bakat itu?”

    Jika aku punya bakat musik, aku akan membuat sebuah komunitas musik bersama anak-anak di daerah tepian sungai kotaku ini, agar mereka bisa tahu ada alunan yang bisa di hasilkan dari kreatifitas mereka untuk membuat sebuah karya yang indah, aku juga akan membuat konser mini untuk mereka, karena walaupun mereka belum bisa mengenyam pendidikan yang layak, setidaknya mereka bisa belajar seni agar tetap bahagia.

    Yaa…sayangnya aku terlahir bukan dalam bakat bermusik.

    Like

  22. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Link share:

    Jawaban:
    Aku ingin menggunakan bakat bermusikku nggak semata untuk kepentingan pribadi seperti profesi yang menghasilkan uang, melainkan juga untuk kepentingan bersama. Seperti seniman Iwan Fals yang menuangkan sentilan dan unek-uneknya lewat lagu. Terlebih belakangan ini kan lagi rame dengan kasus ini itu, Indonesia seperti sedang terbelah menjadi beberapa kubu. Aku ingin lewat musik dan lagu yang kuciptakan itu dapat menyatukan kembali Indonesia seperti dulu yang rukun dan sejahtera tanpa harus ada pertikaian seperti sekarang. Aku ingin hasil karyaku menginspirasi jutaan orang di luar sana agar mereka sadar mengapa mereka dilahirkan di Indonesia dan untuk apa keberagaman yang kita punya.

    Like

  23. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/863770746052526080
    Jawaban: kalau saya dianugerahi bakat bermusik, pastinya ingin berkarier di industri musik Indonesia. Tapi karena saya bukan tipe pede, jadi kemungkina lebih memilih grup dibanding solo. Untuk target jangka panjang kalau bisa go international. Karena kalau bekerja sesuai passion akan lebih mudah dan enjoy dalam menjalaninya. Ada kebanggaan tersendiri jika kita bekerja, melakukan sesuatu sesuai keinginan kita dibayar pula, juga ada kepuasan bisa menghibur orang lain.

    Like

  24. Nama: Lynn Melody
    Twitter/Facebook: @justlynn23/Leny Quenna
    Link Share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/863773047865589760
    Jawaban: Kalau aku dianugerahi bakat bermusik, aku ingin terus mengasah bakatku itu agar aku semakin mahir dalam bermusik. Aku juga akan mengikuti berbagai perlombaan/kompetesi serta bergabung di komunitas musik. Agar aku semakin punya banyak peluang untuk sukses dalam bermusik dan dengan mengikuti berbagai perlombaan/kompetesi serta bergabung di komunitas musik, juga akan membuatku makin banyak teman dan bertemu orang-orang yang sama-sama menyukai musik. Sehingga pengalamanku dalam bermusik akan menjadi bertambah dan bakatku akan semakin berkembang serta terasah.

    Like

Leave a Reply

