Ke POST Santa (Yang Baru)

20160731_164206

Pertengahan Juli lalu, seorang kenalan dari negeri jiran bermaksud mampir ke POST Santa, ternyata sedang renovasi dan baru akan selesai di penghujung bulan. Seorang teman lainnya mengabarkan pembukaan POST Santa yang baru di hari Sabtu, 30 Juli 2016. Sayangnya walaupun dihadiri oleh beberapa penulis cukup ngehits, hari itu saya tidak melangkahkan kaki ke luar rumah sama sekali. Minggu 31 Juli 2016, agak mendadak, saya dan teman saya Azmi pergi ke sana.

Hal pertama yang mudah terdeteksi dari perubahan ini adalah tempatnya yang lebih luas. Pula lebih terang dan adem! Tadinya saya sudah membayangkan bakal keringetan (sesuai pengalaman sebelumnya), kali ini POST sudah memasang empat kipas angin yang bikin semriwing :D. Yang tidak berubah adalah pemiliknya Teddy dan Maesy yang sangat rajin menyapa pengunjung. Apalagi Maesy yang sangat semarak, heheheh. Sangat antusias, ceria, dan cukup lantang, saya bahkan bisa mengorek informasi tanpa perlu bersusah payah mengeluarkan energi suara.

Dari hasil nguping curi dengar, POST ini “mengambil” lapak di sampingnya sehingga lantainya berwarna berbeda. Sebisa mungkin bahan-bahan diambil dari pasar (asumsi saya sih dari Pasar Santa karena Maesy bicara karena pasar ini tidak ada penjual cat, jadi harus beli di luar. Kemudian kipas anginnya beli di Pasar Senen. Desain ruang adalah mereka berdua dengan lighting designer adalah Teddy, yang walaupun ada lampu yang kurang disukai Maesy tetap saja ditaruh di sana.

20160731_162802

20160731_162905

POST Santa adalah toko buku indenpenden yang menjual buku-buku pilihan. Buku terbitan lokal adalah buku-buku dari penerbit indie yang stoknya sulit didapatkan di toko buku besar, sebut saja Gramedia. Untuk buku berbahasa Inggris, duo The Dusty Sneakers ini cukup picky karena lagi-lagi menjual buku-buku yang aksesnya bagi kita, warga Indonesia, tidak terlalu mudah. Saya bahkan menjumpai buku Persephone yang mengingatkan saya kepada areaderofliterature. Harga yang ditawarkan menurut pengamatan saya di kisaran Rp 30.000 – Rp70.000 untuk buku lokal. Sedangkan buku berbahasa Inggris dibandrol hingga mencapai Rp 230.000.

20160731_162736

20160731_164440

Selain untuk beli buku, di POST juga bisa menumpang baca. Dengan penerangan yang mumpuni, suasana pasar yang tidak terlalu ramai, nuansa bookish yang kental, pasti bikin betah dan ingin datang kembali. Di bulan Agustus ini, POST sudah full-booked dengan jadwal literasinya. Silakan pantau terus di akun instagramnya: @post_santa.

(Eh di foto ini ada saya lho, hayo yang mana? #halahsokbeken)

One thought on “Ke POST Santa (Yang Baru)

Leave a Reply

