Perkara Belanja Buku Dua Minggu

Seperti yang sudah diketahui bersama, ajang Big Bad Wolf menimbulkan keriaan dan mungkin juga ke-riya’-an (atau mungkin baru sampai taraf ujub). Tadinya saya mau menulis semacam laporan atau tips atau apapun itu namanya, tapi saat itu rasanya malas. Jadi mari kita lewati saja soal laporan pandangan mata dan langsung menuju daftar belanja.

Saya pertama (ya, pertama karena ada kali selanjutnya) di tanggal 30 April malam. Lebih cepat dari rencana awal di tanggal 1 Mei pagi. Langsung saja, ini yang saya beli di malam itu:

IMG-20160501-WA0000

Saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan diskon buku Mizan. Satu buku reliji Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar ini awalnya saya niatkan beli untuk Ibu saya, tapi mungkin saya juga harus membacanya. Buku Arafat Nur iseng saya beli karena nama pengarang itu pernah sekilas saya dengar dan tanpa membaca sinopsis atau apa, saya putuskan untuk mengambilnya.

Buku dari Ha Jin dan Jose Saramago juga saya ambil karena saya belum pernah membaca satu pun dari dua karya pengarang tersebut. Sebenarnya banyak pilihan untuk karya Ha Jin dan Saramago di BBW, tapi setelah banyak pertimbangan, saya mengambil Waiting dan the Lives of Things. Sementara the Little Coffee Shop of Kabul saya ambil karena judulnya yang menarik dan lagi-lagi sepertinya saya merasa pernah mendengar judul buku tersebut (jujur saya sebenarnya malah ingat kedai kopi Central Perk yang ada di serial Friends). The Chronicles of Harris Burdick saya ambil karena para pengarangnya adalah nama-nama beken seperti Sherman Alexie, Kate DiCamillo, dan Lois Lowry. Buku ini saya beli dengan voucher BBW yang saya menangi :p. Dua buku terakhir Doctor Who ditemukan random oleh teman sesama Whovian, apalagi covernya memuat 10th Doctor (David Tennant) dan Donna (Catherine Tate), pasangan doctor – companion favorit saya (sebelum 12th Doctor dan Clara muncul). Buku terakhir, Fairy Tales of H. C. Andersen adalah hasil pemikiran yang agak lama. Sebelumnya saya sempat mengambil Boxset The Peter Rabbit Library, tapi saya menaruhnya kembali dan menggantinya dengan buku ini.

Karena saya sempat bilang ada yang pertama, maka berarti ada yang kedua. Keeseokan paginya, masih dengan teman yang sama, saya kembali ke BSD. Karena ada janji di siang hari (untuk nonton AADC 2 *nyengir* ), kedatangan kedua ini saya targetkan waktunya. Tidak sampai dua jam, kami harus selesai membayar. Karena itulah, saya mengantre untuk membayar dan si teman masih keliaran untuk mengambil buku yang diinginkan. Saya bangga karena di kedatangan ini saya hanya membeli tiga buku untuk saya. Selain H. C. Andersen, kamus ini menurut saya adalah pembelian yang sangat menggembirakan karena harganya Rp80.000. Lord of the Flies sudah jadi incaran saya di hari sebelumnya tapi saya baru temukan hari itu. Flora dan Ulysses tidak perlu dipertanyakan kenapa.

20160501_120112

Sudah tobat? Belum. Karena ada kedatangan ketiga! Sebenarnya ini tidak saya rencanakan. Teman saya B yang datang dari Solo awalnya hendak ke BBW sendiri. Karena satu dan berbagai alasan, akhirnya saya menemani B dan datang ke BSD di sekitar jam 11 malam…

Hingga jam 4 pagi.

20160506_040321

20160508_180321

Tentu saja saya tergoda mengambil beberapa buku lagi terutama buku-bukunya Kate DiCamillo. Tapi saya sukses menahan godaan dan hanya membeli satu buku yang sudah agak lama masuk wishlist saya, the Marriage Plot.  Oh iya, pihak BBW membuka hall 9 setelah sebelumnya hanya hall 10. Di hall 9 yang tampak berantakan, buku masakan dan beberapa non fiksi serta buku anak berserakan. Sementara di bagian Literature dan General Fiction yang tumpukan buku sebelumnya jauh di atas tinggi saya, kini tampak lebih rendah.

Lolos dari kedatangan ketiga di BBW, tidak membuat saya lolos di perbelanjaan berikutnya. Ketika saya memutuskan untuk datang ke ALF (Asean Literary Festival – yang ini akan saya ceritakan nanti-nanti), saya tahu saya pasti akan tergoda untuk membeli buku lagi. Dengan tumbennya Gramedia kasih diskon 20%, jadi saya beli Bersepeda ke Neraka dan Baju Bulan. Orang-orang Bloomington yang buku pinjaman dari perpustakaannya belum lama saya baca, akhirnya cetak ulang. Dan teman saya K menjual bukunya yang dobel. *nangis darah*.

20160508_180431

Sekian laporan belanja saya.

58455145

5 thoughts on “Perkara Belanja Buku Dua Minggu

  1. Wahaha, hebat sekali kamu! Empat kali salam satu minggu! Sebenarnya aku juga ingin ikut ASEAN Literary Festival tetapi banyak kepentingan dan acara saat weekend panjang #soksibuk

    Dari semua pembelian kamu, aku sudah baca Waiting by Ha Jin. Aku bingung mengapa diiklankan sebagai love story padahal isinya berbeda. Nanti kamu lihat deh, hehehe.

    Like

Leave a Reply

