Guest Post: 5 Buku Yang Ingin Dibaca di Tahun 2016 – Steven Sitongan

Selamat hari Rabu! Guna memeriahkan blog saya, saya ikut-ikutan teman lain supaya kekinian yaitu dengan mengundang guest blogger untuk mengisi blog ini.

Tamu saya adalah Steven S *kyaaa kyaaa* pemilik Blog Buku Haremi. Kali ini Steven akan menulis curhatan 5 buku yang ingin dibaca di tahun 2016. Apa sajakah? Yuk mari kita cekidot!

———————–

5 Buku yang Ingin Kubaca di Tahun 2016

5 buku(1)

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Tiba saatnya untuk menyusun (semacam) resolusi tahun baru. Seperti itulah yang saya lakukan saat ini. Dengan membuat daftar buku yang harus dibaca untuk tahun depan. Beberapa waktu lalu, bersama seorang kawan saya pernah membuat resolusi tahun baru. Seperti anak kos pada umumnya yang berharap sehat dengan cara instan. Rencana waktu itu, kami berdua akan membuang waktu di tempat yang tepat, sebut saja Gym atau klub fitness. (Oh jadi Steven obsesinya seperti ituuh…)

Di penghujung tahun dengan langkah tegap saya menyerahkan beberapa lembar uang warna biru untuk membership selama 3 bulan. Namun yang terjadi selanjutnya kami hanya memakai bench press dan teman-temannya dalam waktu dua kali kunjungan. Menyedihkan sekaligus membuat saya tersenyum pahit kalau mengingatnya. Nampaknya kami butuh resolusi yang terpampang di tembok kamar. Tertulis besar-besar dan dibumbuhi kalimat pendongkrak semangat plus halaman depan Fitness for Men (Mosok? Bukan Cosmopolitan? #Eh). Ok, intinya saya ingin bilang kalau resolusi tertulis itu lebih mujarab. Nantinya daftar keinginan itu bisa terus dilihat dan alhasil (semoga) terus berupaya dilakukan. Lima judul ini dibagikan untuk Anda karena saya percaya buku bagus harus diceritakan ke orang banyak. Selamat mengikuti.

  1. The Architect’s Apprentice oleh Elif Shafak.

The-architects-apprentice

(Kyaa Elif kyaaa *brb kepangan* *digeplak*)

Novel terbaru sastrawan Turki ini berada di urutan pertama buku fiksi yang ingin saya miliki. Meskipun belum banyak membaca literatur dari penulis Turki. Saya tertarik dengan buku ini karena membaca ulasan yang menarik di Tempo. Leila S Chudori, penulis novel Pulang yang juga jurnalis Tempo menuliskan, Shafak memang seorang pencerita yang dahsyat.

“Seorang penulis harus mampu membangun hubungan emosional dengan pembacanya,” kata Shafak seperti dikutip di artikel “Elif Shafak: Saya Tidak Ingin Memiliki Satu Identitas”. Ya, selain Namaku Merah milik Orhan Pamuk. Saya harus mencoba novel yang satu ini.

  1. The Geography of Genius: A Search for the World’s Most Creative Places from Ancient Athens to Silicon Valley” oleh Eric Weiner.

geography-of-genius-eric-weiner-02

The Geography of Bliss adalah buku bagus yang saya temukan di @RuangBaca_, akun milik rubrik buku yang dilahirkan lagi oleh jurnalis Tempo. Karya pertama Weiner ini baru saya baca satu bab dan menarik. Di buku keduanya ini saya jauh lebih penasaran. Kreatif adalah kata kunci di abad ini. Kalau di Indonesia kita punya Yoris, Rene, dan Nadiem Makarim. Bagimana dengan ekosistem kreatif di tempat lain, Amerika dengan Silicon Valley misalnya.

Saya membayangkan perjalanan Weiner yang unik itu akan menggugah pemahaman kita soal kreativitas. Terbit tahun depan dan menjadi salah satu buku yang ditunggu-tunggu dunia. Terlebih dari hal itu, buku bagus tentu harus mendapat prioritas dalam rak buku kita (kitaaa.. elu kali, Stev). Semoga akan diterjemahkan oleh penerbit lokal.

  1. Elon Musk: Inventing the Future” oleh Ashlee Vance.

elon musk

Good ideas are always crazy until they’re not.”

Buku ini masuk daftar buku yang patut dibaca di tahun 2015 versi The Wall Street Journal. Ini buku biografi yang sangat ingin saya baca. Daftar pertama. Memberikan inspirasi dan terlebih mendapat pengalaman berharga dari si Tony Stark di dunia nyata adalah hal menyenangkan (JARVIS! *salah fokus*). Setelah Steve Jobs dengan suksesnya Apple, Elon Musk adalah tokoh teknologi yang harus kita ikuti jejak langkahnya.

  1. 5W1H” oleh Yoris Sebastian.

?

Pernah iseng jualan di Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, OLX atau ingin cari tahu soal sukses berbisnis online ? Di dalam buku terbarunya, Yoris akan berbagi banyak hal soal cara berbisnis online. Kedengaran menarik? Banget. Cara berbisnis dan sejenisnya memang banyak diterbitkan beberapa tahun terakhir. Tidak perlu khawatir, 5W1H bukan sekedar berbasa-basi soal teori bisnis online. Yoris dan para pebisnis online akan mengungkapkan pengalaman mereka di bidang e-commerce. Tidak perlu menunggu lama, 5W1H rencananya terbit di bulan pertama 2016.

  1. Das Reboot: How German Football Reinvented Itself and Conquered the World” oleh Raphael Honigstein.

Das Reboot

Buku sepakbola selalu menarik untuk dibaca. Dari membaca sepintas judulnya, kita bisa berdecak kagum mengingat aksi tim nasional Jerman yang berhasil menaklukan tim “Messi” di final Piala Dunia 2014 kemarin. Memasuki tahun 2016 dimana penggila sepakbola sekali lagi akan berpesta dan menikmati serunya nobar. Das Reboot bisa jadi salah satu selingan untuk menantikan Euro 2016, event terbesar sepakbola kedua setelah Piala Dunia. Sekaligus memprediksi apakah Jerman akan berjaya di tahun ini. Kita nantikan saja.

***

Selain lima buku di atas. Ada juga beberapa buku lain yang ingin saya baca (Woy woy judulnya 5 buku woy!). Diantaranya ada Namaku Merah karya Orhan Pamuk, 100 Tahun Kesunyian dan Collected Stories karya Gabriel Garcia Marquez, The Silmarillion karya J.R.R. Tolkien, Change Leadership karya Rhenald Kasali, Mindset: The New Psychology of Success karya Carol Dweck.

———————–

Nah begitulah buku-buku yang ingin dibaca Steven. Saya jujur bengong lihatnya hahahaha tapi justru bisa menambah khasanah (caelah khasanah) dunia perbukuan kita. Bagi yang ingin berkenalan dengan Steven (Ciyeee pengen kenalan ciyeee), bisa menuju tautan blog di atas atau hubungi twitternya di @h23bc.

Kalau kamu? Apa buku yang ingin kamu baca tahun depan? ;)

 

 

3 thoughts on “Guest Post: 5 Buku Yang Ingin Dibaca di Tahun 2016 – Steven Sitongan

  1. Pingback: [Wrap Up] 5 Buku yang Wajib Dibaca Tahun 2016 |

Leave a Reply

