Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage

20150307_165036Judul : Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage

Penulis : Haruki Murakami

Alih Bahasa : Philip Gabriel

Halaman : 298

Penerbit : Harvill Secker, 2014

ISBN : 9781846558337

Adalah Tsukuru Tazaki, satu-satunya di antara grup berlima yang namanya tidak mengandung unsur warna. Selain ia adalah Aka (merah), Ao (biru), Shiro (putih), dan Kuro (hitam). Persahabatan yang terjalin di bangku sekolah menengah dan berlanjut sedikit tahun di universitas berakhir ketika Tsukuru, dengan tiba-tiba didepak oleh keempatnya. Tanpa alasan dan pemberitahuan apapun. Tsukuru yang pasif, menerima semuanya.

Sara, teman dekat Tsukuru (yang begitu diinginkannya, sudah lama atau belum pernah Tsukuru begitu menginginkan sesuatu/seseorang dalam hidupnya) “memaksa” Tsukuru untuk menyelesaikan urusannya, membuat mandat untuk menemui teman-teman lamanya itu, meminta alasan atas hal yang telah terjadi 16 tahun lalu. Karena kendati kenangan bisa dihapus, tidak dengan sejarah. Maka Tsukuru puh melakukan perjalanan pentingnya. Menemui para warna-warni itu, yang mungkin bisa menyadarkan bahwa ia (mungkin) juga memiliki warna tersendiri.

Ketika membaca buku ini saya berharap banyak pada penulis yang adalah salah satu bias-ultimate saya. Saya butuh yang cerita suram. Tapi ternyata buku ini cukup ringan dan tidak perlu menautkan alis saat membacanya. Kalimat-kalimatnya tersusun rapi dan sederhana (gosh I loove how Philip Gabriel translated this piece) tapi nuansa gelap tidak saya temui. Tentu saja tokoh utama bernuansa gelap, tapi gelapnya tidak pekat. Justru saya menemukan tokoh Tsukuru Tazaki ini cukup manis. Dan meskipun saya bisa membayangkan bagaimana sosoknya, susah sekali membayangkan wajahnya.

Saya membeli ini tahun lalu dengan petunjuk nol apa isi ceritanya, dan saya nggak berminat untuk mencari lebih lanjut (emang kebiasaan saya aja sih nggak suka nyari tahu apa yang saya mau baca), pokoknya saya cinta Murakami, semua selesai. Makanya saya super bertanya-tanya apaan sih ini ada “colorless” segala, dan terutama yang saya bikin pening apaan sih ada tsukuru segala, “Tsukuru” as in “membuat”? Dan nama memang bukan sekadar nama, nama aneh ini mengandung arti di dalamnya, dalem pula :D

Tsukuru adalah buku yang cocok untuk kamu yang mau memulai baca karya Murakami. Tidak terlalu suram, tidak ada adegan ranjang yang terlalu aneh, tidak ada soal artis jazz yang entah siapa itu, banyak kalimat-kalimat yang quotable banget, dan yang pasti tidak ingin bikin bunuh diri. Hehehehe.

Buku ini saya beli karena saya kepincut ada sticker di dalamnya dan covernya tanpa jaket juga berwarna bagus! >.< (Opat, anaknya lemah sama sticker. Tapi sampai sekarang yang dipasang stickernya cuma sedikit) tapi saya juga tertarik sama cover yang satunya yang memuat peta kereta Tokyo (kayaknya sih Tokyo). Tadinya saya heran, apaan deh ini bukunya ada peta kereta, ternyata oh ternyata… Ini nih buku yang satu lagi. Perhatiin deh detilnya.

ts

Empat dari lima. Pengennya sih lima tapi untuk kali ini empat aja :)

Leave a Reply

