The Unvisibles (Anak-anak Transparan)

20150306_124804Judul : The Unvisibles (Anak-anak Transparan)

Penulis : Ian Whybrow

Alih Bahasa : Sendra B. Tanuwidjaya

Halaman : 252

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005

ISBN : 9792213619

Ketika menemani ayahnya mengantar barang antik untuk dijual, Oliver Gasper menemukan majalah tua. Tak ada minat membaca tapi melihat sebuah judul artikel berjudul “Mind Matters” yang memuat bahwa seseorang bisa tidak tampak, Oliver yang kebetulan ingin melarikan diri dari ujian Bahasa Prancis, kemudian berhasil menghilang. Mantranya: Chhoo muntar jaldi.

Tapi walaupun Oliver berhasil menghilang, masalah tidak lantas menjadi hilang. Oliver berhasil berkomunikasi dengan Nicky Chew. Nicky bukan siapa-siapa dan tidak mau menjadi siapa-siapa. Dan seseorang yang semacam tidak ada jejaknya inilah yang kemudian membantu Oliver untuk menhadirkan dirinya lagi, tak lupa untuk membalas dendam Oliver untuk ayahnya. Oliver dan Nicky pun harus terlibat dengan si tukang tipu Reginald Pugh dan kemungkinan besar menjadi kaya raya.

Bagaimana petualangan mereka? Jeng jeng jeeeng….

Saya tahu buku ini setelah ada rekomendasi dari seorang teman. Karena sudah tidak terbit lagi, sempat putus asa jadi ya sudahlah kalo rejeki nggak ke mana. Eh iseng-iseng buka blognya Afin, dia ternyata melepas kolpri-nya ini dengan harga lumayan murah. Hehe. Thanks ya, Fin.

Entah kenapa, dalam bahasa aslinya, saya yakin buku ini terasa “Inggris” sekali. Oh, rasa “inggris” ini juga masih sedikit terasa karena penerjemahnya tetap mempertahankan bentuk panggilan “Mate”. Dari segi cerita, buku ini ringan dan menyenangkan. Petualangannya tidak penuh drama dan kenakalannya juga masih standar. Kecuali satu hal yang agak cukup mengagetkan. Oliver mengusili guru bahasa Inggrisnya yang berakhir dengan guru tersebut dikeluarkan. Jujur saja saya agak sedikit syok saat membacanya tapi saya pikir ya udahlah. Sampai ketika baca review seseorang di goodreads, saya jadi lebih mawas diri terhadap buku ini.

Tokoh Nicky menurut saya sangat manis. Anak baik-baik yang sayang dan tidak mau menyusahkan ibunya. Dan entah karena pengaruh mood atau umur atau apa, saya suka sekali dengan tokoh Sally Chew, ibu Nicky ini. Apalagi ada tokoh figuran (yang juga turut membantu Nicky dalam petualangannya) Mr. Dudzinski yang kayaknya kok ganteng-ganteng menyenangkan gitu! Mana dia fotografer lepas gitu. Duh kebayang si Uhuk Ojichan atau macam Brandon Stanton versi berandal gitu uhuk.

Singkat kata, di goodreads saya kasih empat bintang sih. Tapi karena soal guru Oliver yang dikeluarkan itu mengusik perasaan, cukup tiga bintang saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s