Going Solo

IMG_20141114_101438Judul : Going Solo

Penulis : Roald Dahl

Halaman : 210

Penerbit : Puffin Books

ISBN : 9780141346717

Di masa mudanya, di awal usia dua puluhan, Roald Dahl mendapat tawaran pekerjaan sebagai pegawai perusahaan minyak besar, Shell, dan mendapat tugas di Afrika Timur. Bergelut ia dalam kehidupan Afrika yang memiliki alam dan indah dan binatang-binatang yang berbahaya.

Setahun kemudian, saat perang dunia kedua pecah, ia memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi pilot penerbang, yang kemudian terpilih menjadi penerbang pesawat tempur. Dan mulailah kehidupan perang yang mendebarkan dimulai.

Satu kata. Roald Dahl never fails me! Eh itu empat ya.

Buku ini adalah autobiografi sang pengarang terkenal. Kelanjutan dari buku Boy yang berakhir di saat masa ABG-nya. Saya tahu buku Going Solo sudah lama. Pun tahu bahwa Roald Dahl dulunya adalah pilot pesawat tempur. Tapi saya nggak nyangka ceritanya bakal sedemikian rupa. Terberkatilah ia yang punya daya ingat tajam, jiwa pemberani, dan umur panjang, sehingga mampu menyisakan cerita yang begitu mengagumkan dan super bikin iri.

Gaya bahasa Roald Dahl yang sudah pasti memukau. mengalir begitu lancar dengan kalimat sederhana dan menyenangkan. Udah lah saya mah pasti bias banget sama dia. Hahaha.

Jadi, kalau kamu mengharapkan kisah tiga tahun yang epik yang melibatkan singa Afrika yang menggigit tubuh seorang istri juru masak. Atau kisah ular berbisa ditaklukkan. Atau kisah seorang hampir buta karena kecelakaan pesawat. Atau kisah pertemuan dengan seorang pengungsi Yahudi di tanah Palestina. Atau kisah mengharukan anak muda pulang perang yang mengharukan. Buku ini wajib dibaca.

Empat dari lima bintang.

A life is made up of a great number of small incidents and a small number of great ones

 

Advertisements

2 thoughts on “Going Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s