Sherlock Holmes: Kasus-kasus Penuh Muslihat

DSC_0155

Judul : Sherlock Holmes: Kasus-kasus Penuh Muslihat

 Penulis : Sir Arthur Conan Doyle

Penyunting : Nien ; Pemeriksa aksara : Triwanto

Halaman : 160

Penerbit : Narasi, 2013

ISBN 13 : 9789791683586

Harga : Rp 26.000

Siapa yang tidak kenal Sherlock Holmes dan sahabatnya John Watson?

Buku ini memuat empat kisah dari sekian banyak kisah Sherlock. Yang pertama adalah soal pencurian dan perusakkan patung Nepoleon yang sebenarnya biasa-biasa saja tapi ada rahasia di balik patung itu. Kemudian vampir dari Sussexski yang menceritakan seorang ibu yang diduga meminum darah anak bayinya. Ada tragedi kapal Gloria Scott yang kisah seseorang dengan masa lalunya yang dirasa kelam, dan yang terakhir adalah kasus nama Garridebs yang menjanjikan uang besar namun ternyata mengungkap sesuatu yang lama dicari.

***

Hal pertama yang saya bayangkan saat membacanya adalah : BENEDICT CUMBERBATCH! LOL. Tapi tentu saja itu cerita yang berbeda lagi. Dan sepanjang perjalanan membaca, saya terus berusaha keras untuk menghapus imej yayang hunny benny itu =))

Buku ini saya beli agak terpaksa. Hehehe. Saya punya satu volume Sherlock Holmes tapi yang English version dan agak tebal. Dan karena saya ikutan proyek baca barang bulan Mei, kayaknya waktunya kurang soalnya kalo-kalo saya bosen saya takut berhenti di tengah. Kemudian karena bokek saya memutuskan untuk beli versi terbitan Narasi (yang Alhamdulillah ada yang covernya bukan Robert Downey, Jr. karena entah kenapa saya agak agak gimana gitu sama si om satu itu, hehehe). Tapi kemudian kata temen saya, Narasi kabarnya suka nerjemahin yang versi bridge version. Agak kecewa sih saya tapi ya sudahlah.

Mengenai cerita, saya belum pernah baca tuntas satu judul jadi saya nggak bisa kasih kesan apapun selain ini si Watson bener-bener disayang sama Sherlock kenapa ya? Kalau di buku ini yang saya baca sih saya nggak nangkep apa fungsi sebenar-benarnya Watson pada Sherlock selain menjadi pendengar yang baik dan seseorang yang disayang Sherlock.

Untuk kasus-kasusnya, oke, menarik, tapi entah karena ada beberapa hal yang bikin saya nggak nyaman sama segelintir terjemahannya (plus nggak kebayang hunny benny ngomong Bahasa Indonesia, hehe) atau gimana, atau karena ini benar versi singkatnya, saya jadi ngerasa kurang greget. Semacam pengin bilang “HA ELAH!”. Tapi setidaknya saya terhibur. Yah, dua setengah bintanglah :)

Aku tidak mempermasalahkan luka itu. Aku akan memikirkan banyak luka, karena jika aku tidak tertembak, aku tidak akan pernah mengetahui kesetiaan dan rasa kasih sayang yang Holmes rasakan terhadap diriku.

221bannerKilas buku ini juga ditulis untuk meramaikan A Mystery’s Book Club di Jadwal Baca Bersama bulan Mei 2014, hosted by Bacaan B.zee

 

5 thoughts on “Sherlock Holmes: Kasus-kasus Penuh Muslihat

  1. Hohoo, penggemar Benedict juga ya *salaman*
    Kalo cerpen memang biasanya kasusnya singkat, tapi menurutku cukup2 aja, entah ya yg versi narasi ini, coba aja dibandingkan sama aslinya. Terus tentang Watson, di beberapa cerpen memang kadang cuma tampil sebagai narator aja, kudu baca yg lain2nya juga kayanya.
    Ditunggu review yg lain yaa (kalo ada) ;)

    Like

  2. Pingback: Sherlock Holmes Read Along : Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

