Click (Klik!)

DSC_0088Judul : Click (Klik!)

Penulis : Eoin Colfer, Linda Sue Park, Ruth Ozeki, Nick Hornby, Tim Wynne-Jones, David Almond, Gregory Maguire, Deborah Ellis, Margo Lamagan, Roddy Doyle

Penerjemah : Jia Effendie ; Penyunting : Ariyantri E. Tarman

Halaman : 228

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2012

ISBN : 9789792287417

Harga : Rp 15.000 (Gramedia Sale)

Namanya George Keane. Tapi hasil-hasil karya fotonya biasa diimbuhi tulisah G. Keane. Karena itulah, pria ini lebih suka dan biasa dipanggil dengan nama “Gee”.

Gee adalah seorang fotografer kebangsaan Amerika yang telah mengelilingi dunia. Berbagai peristiwa yang populer dan tragis telah dilaluinya. Buku ini menceritakan sepuluh kisah dari sepuluh penulis cerita mengenai orang-orang dan kejadian-kejadian yang berkaitan dengan Gee, sebelum dan sesudah kematiannya.

***

Sepuluh cerita mengambil sudut pandang berbeda-beda (walaupun ada juga tokoh utama yang sama tapi dengan periode kehidupan yang berbeda).

Cerita favorit saya adalah yang pertama, yang mengambil sudut pandang Maggie, cucu Gee, setelah kakek tercintanya itu meninggal dunia. Dan menurut saya, ini menjadi sebuah pembuka yang sangat manis. Cerita ini ditulis oleh Linda Sue Park. Cerita favorit saya selanjutnya adalah Min, seorang gadis kenalan Jason, cucu laki-laki Gee. Kalau cerita soal Min ini sih karena ehek Jason-nya kelihatan keren gichu deh. Ehek ehek. Cerita soal Min ini ditulis oleh Tim Wynne-Jones.

Buku ditutup dengan sudut cerita dari sudut pandang Maggie lagi, tapi dalam versi orang tua. Ini merangkum kisah-kisah yang telah terjadi sebelum-sebelumnya. Bukan favorit saya tapi yah, bagus juga jadi semacam ada kesimpulannya.

Saya beli buku ini karena harganya lagi murah. Penulis-penulisnya hanya beberapa yang saya dengar seperti Linda Sue Park, Eoin Colfer, Nick Hornby, dan Ruth Ozeki (Yang kesemuanya pun belum pernah saya baca karya-karyanya).  Bahasanya sederhana, penerjemahannya juga oke, dan bisa dinikmati di waktu luang ataupun sengaja diluang-luangin.

Tiga bintang dari lima.

Kau hanya akan menipu dirimu sendiri jika kau berpikir asal-usul itu benar-benar penting. Masa depanlah yang penting. Bukan masa lalu.

Vincent – Roddy Doyle

Advertisements

One thought on “Click (Klik!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s