Keluarga Cemara

kcJudul : Keluarga Cemara

Penulis : Arswendo Atmowiloto

Halaman : 115

Penerbit : PT. Gramedia, 1981

ISBN : 9792209409

Harga : Rp 10.000 (Secondhand book)

Keluarga Cemara terdiri dari Abah, Ema, Euis, Cemara, dan Agil. Mereka hidup (serba) kekurangan di desa di daerah Jawa Barat. 

Abah bekerja keras, melakukan apa saja yang ia bisa. Menarik becak dan membantu segala pekerjaan kasar yang bisa dilakukan. Ema dan Euis membuat opak dan menjajakannya. Ara kadang-kadang menemani Euis berjualan. Sementara Agil masih di rumah saja.

Kelimanya hidup bersama dengan segala kerendah hatian, kepolosan, dan penuh tanggung jawab.

***

Keluarga Cemara ini membekas sekali buat saya. Karena apa? Karena ini bacaan jaman kecil saya ini mengajarkan saya baaanyak sekali hal yang belum pernah saya ketahui. Seperti contoh sederhananya adalah panggilan “Ceuk”, lalu saya jadi tahu ada makanan yang bernama opak. Makanya waktu kemudian dulu dibuat seri televisi-nya saya suka banget dan ternganga nggak percaya. Mungkin ibaratnya adalah kebahagiaan para Potterhead yang novelnya kemudian dibuat filmnya.

Saya mungkin lupa cerita-ceritanya, kalau tidak membaca ulang seperti baru saja saya lakukan. Tapi saya masih ingat benar bagaimana perasaan saya setelah membaca. Sedikit “SARA”, ini bacaan pertama saya yang sedikit “berbeda”. Menurut saya itu indah banget, bahwa perbedaan itu tidak boleh membawa ke permusuhan,justru kedamaian :)

Buku ini terdiri dari lima belas cerita pendek yang ringan dan sarat pendidikan. Semua cerita penuh dengan makna-makna pengajaran yang wajar namun tetap berarti. Semua cerita saya suka. Tapi bagian favorit saya adalah di judul “Obat Ompol”. Ara dan Agil yang masih mengompol mendapat “perlawanan” sengit dari Ceuk Euis. Lalu di akhir cerita, Abah, dengan tenang, berpesan : “Kita nasehati agar Ara tidak ngompol. Tidak usah ditakut-takuti. Perasaan terteror akan lebih buruk akibatnya.”

Nah!

lucky-no141

 Kilas buku ini juga ditulis untuk meramaikan Lucky No.14 Reading Challenge milik Mbak Astrid untuk kategori “Once Upon A Time”.

 

One thought on “Keluarga Cemara

  1. Dulu waktu masih kecil, suka banget deh nonton sinetron “Keluarga Cemara” ini. Aku belum baca bukunya. Waktu itu pernah lihat di Gramedia, tapi gak niat beli. Hihihihi…

    Like

Leave a Reply

