Moderato Cantabile

mcJudul : Moderato Cantabile

Penulis : Marguerite Duras ; Penerjemah : Apsanti Djokosujatno

Halaman : 68

Penerbit : Yayasan Obor Indonesia, 1999

ISBN : 9794613169

Harga : Rp20.000. Beli di Jualbukusastra

Setiap hari Jumat sore, Anne Desberasdes yang forever alone kesepian mengantarkan anaknya mengikuti les piano. Di jalan, hal-hal terjadi. Peluang pun datang. Bertegur sapa dengan seorang pria bernama Chauvib, membiarkan diri mereguk anggur bergelas-gelas banyaknya. Anne merasa ada sesuatu rasa. Cinta?

***

Saya beli buku ini karena harganya yang murah :p dan judulnya yang catchy. Tapi, pertanyaan pertama: What the mycroft is nouveau roman? Jawaban menurut wikipedia: The nouveau roman is a type of 1950s  French novel that diverged from classical literaly genres. Oh oke. Lalu pertanyaan penting: Moderato cantabile itu apaaa? Saya nggak perlu gugel, di buku dikasih tahu, yaitu pelan dan berlagu.

Judul roman ini bukan menggambarkan ceritanya, seperti yang dikatakan di premis, bahwa inti bukanlah pada cerita, tapi pada penceritaanya. Ceritanya sangat sederhana. Anne dan segala kegalauannya bertemu dengan Chauvib yang sebenernya saya nggak ngerti kenapa si Anne ini bisa tertarik. Mungkin karena mereka hidup di lingkungan yang berbeda. Anne jelas seorang berada. Tapi Chauvib, well, nngg saya merasanya tidak ada penjelasan eksplisit apa pekerjaannya (atau ada tapi saya nggak tahu?). Yang saya tahu banyak orang di sekitar daerah industri yang menjadi setting tempat cerita ini mengenal Chauvib.

Sementara dengan cerita se-simple itu, penyajiannya begitu berbunga-bunga (kalau nggak mau dibilang njelimet).  Apalagi pas bagian percakapan Anne sama Chauvib. Misal yang satu lagi ngomongin apaa, ntar ditanggepinnya ngomongin apa. Seperti dua insan yang haus akan suara pasangannya *HALAH!*. Saya yang bodoh ini harus hilang arah di sekitar 20 halaman pertama (yang itu berarti 1/3 cerita. Hahaha). Kita ambil contoh lain, penjelasan “makan ikan” aja dituliskan menjadi “Pelan-pelan mulailah pencernaan hidangan yang tadinya berwujud seekor ikan salem”. Uopooo kuwiii….

Surprisingly surprised, saya menikmatinya. Perasaan ini mirip-mirip dengan saat pertama kali saya baca bukunya Haruki Murakami (well, perasaan saya lho yang mirip, bukunya sih enggak). Nggak ngerti sama pemilihan katanya, tapi tetap menggoda.

Tiga bintang dari lima untuk buku yang seksi ini.

Oleh karena tidak dapat melihat jauh akibat mabuk, perempuan itu berusaha tidak melihat ujung boulevard de la Mer, agar tidak merasa putus asa melihat jarak yang masih begitu jauh.

6 thoughts on “Moderato Cantabile

  1. Nouveau roman ini aku banget kak….^^
    trus harganya yg ringan di kantong pasti gk bikin pingsan pelajar kyak aku hehe^^V

    ehm well, resensi yg bagus…
    setidaknya , aku menemukan alasan utk keluar sepulang sekolah ke toko buku haha…
    dan godain kakak cantik yg duduk dimeja kasir XDD /ditendang

    arigatou neesan buat resensinya..
    aku pasti beli dan baca
    :)
    Nice ripiu..^^

    Like

      • The book does not exist , but I’ve asked my brother to buy it through the online T.T

        well , is there another reviewer that same theme..?!

        aku tuh emang pushover akut klo soal ginian :)

        gomen kak Opat aku jd bolak-balik kesini /bow

        Like

      • Mmm, kalo di blog ini sih ya kamu bisa lihat review-ku yang lain. Tapi karena blog baru, ya belum banyak. Coba mampir ke blog buku lainnya. Siapa2nya bisa kamu lihat di daftar komen2 di sini :)

        Like

Leave a Reply

