Tak Kemal Maka Tak Sayang

kemalJudul : Tak Kemal Maka Tak Sayang

Penulis : Kemal Palevi

Halaman : 176

Penerbit : Bukune, 2013

ISBN 13: 9786022201151

Harga : Rp40.000

Ceracau Kemal Palevi. Seorang asli Indonesia yang sering dikira berketurunan Arab. Tulisan ringan, penuh canda, dan asal soal hidupnya, kisah cinta, tentang Jakarta, dan bahkan ramalan bintang

Di bab awal, Kemal bercerita tentang dirinya dan keluarga. Tapi di bagian tengah saya kecewa karena malah banyak membahas soal cinta dan pacaran secara random. Oke saya mengerti ini semua soal komentar randomnya, tapi menurut saya berbab-bab soal pacaran is just a waste. Setelah itu ada rekomendasi film yang inspiratif, ramalan bintang, lalu melantur ke soal Jakarta dan generasinya. Saya bertanya-tanya “INI BUKU MAU DIBAWA KE MANA?”

Jika buku ini ditulis macam Kambing Jantan buku pertama (atau kedua. Saya lupa saya berhenti menyukai buku Kambing Jantan itu di buku kedua atau ketiga) yang banyak bercerita tentang dirinya sendiri, saya akan lebih paham. Saya belum pernah tahu siapa Kemal Palevi ini dan saya tidak mendapat ide siapa dia sampai buku ini berakhir. Bagaimana saya bisa sayang? #halah. Mungkin buku ini hanya ditujukan untuk mereka yang sudah paling tidak mendengar siapa dia. Tapi…bagaimana dengan anak nggak gaul macam saya?

Beberapa kesalahan penulisan pasti ada, well, nngg, kadang cukup ganggu tapi saya mengesampingkannya karena orang mungkin sudah fokus pada gaya penulisannya yang selayaknya sedang curhat. Di beberapa bagian ada yang lucu, kok, saya benar-benar tertawa. Tapi yah, saya lebih banyak bermuka datar sih bacanya. Candaan jaman sekarang monoton banget ya, nggak jauh-jauh soal galau dan menggoda orang.

Dua dari enam bintang.

Bayangkan gue adalah kucing-imut-mata-belekan yang tidak berdosa. Lalu preman-preman cilik-sok-jagoan itu adalah singa-lapar-gigi-ompong. Bayangkan, apa jadinya kalau kucing kecil berada di kumpulan para singa? Yap…!!! Selamat-selamat aja, sih…, gue masih hidup karena ternyata mereka lebih doyan makan kuda. Lebih gurih dan bebas belek.

 

3 thoughts on “Tak Kemal Maka Tak Sayang

Leave a Reply

