Lidah

2LidahCover_large.png-v=1371822588Judul : Lidah

Penulis : Ni Komang Ariani

Halaman : 107

Penerbit : Penerbit Pustaka Pergaulan, 2008

ISBN : 9789791551847

Harga : Rp15.000

Langsung ke komentar saya saja ya. Soalnya saya bingung mau cerita apa. Hahahaha.

Buku ini terdiri dari empat belas cerita pendek. Semuanya mengenai kisah-kisah sederhana yang pasti baaanyak dijumpai. Baik langsung dialami maupun sekedar baca di koran. Ada cerita soal pembantu yang kena banjir, mannequin di mal, bayi-bayi yang dibawa orang tuanya (atau siapapun yang mau membawa) di jalan. Dikemas dengan penggunaan bahasa Indonesia yang (kayaknya) baik dan benar tapi di bagian percakapan tidak kaku. Menariknya lagi, di cerita-cerita yang bernuansa suram, pada akhirnya belum tentu suram. Malah menjadi suatu cerita yang happy ending dengan menuh pemaknaan.

Jujur saya beli buku ini karena ada iming-iming pengantarnya adala Hamsad Rangkuti. Tapi rupanya selera pasti menjadi pilihan utama. Walaupun ternyata cerpen-cerpen ini ada yang sudah penah dimuat di beberapa surat kabar nasional. Saya kurang menikmati buku ini. Saya membutuhkan waktu beeerrrrrminggu-minggu untuk mau menyelesaikannya padahal bukunya tipis. Menurut saya, nngg, gimana ya. Pengemasan ceritanya kurang cantik dan bikin saya sukses bermuka datar di beberapa akhir cerita. Misalnya di judul “Di Sebuah Toko di Suatu Ketika”, endingnya berakhir dengan kalimat-kalimat ini: Karenanya ia selalu menjadi manajer toko yang serba tahu. Dan kami berdua live happily ever after.

Hidup dan Nyawa kita lebih penting daripada keinginanmu itu. Sabarlah, Bli. Kita memang tidak mempunyai banyak pilihan. (Senja di Pelupuk Mata)

 

Leave a Reply

