The BFG

bfg

Judul : The BFG

Penulis : Roald Dahl, Ilustrasi oleh Quentin Blake

Halaman : 208

Penerbit : Puffin Books, 1984

ISBN 13 : 9780140340198

Harga : Rp25.000 (Secondhand book)

Selain manusia dan segala isi yang familiar di telinga, ada raksasa yang hidup di sana (entah di mana). Mereka pemakan manusia ; Fleshlumpeater, Bonecruncher, Manhugger, Childchewer, Meatdripper, Gizzardgulper, Maidmasher, Bloodbottler, Butcher Boy, namanya saja sudah sangat menggambarkan things horridest in the world I evenmaggotwising by those tremendous rumpledumps :D. Kecuali satu, satu raksasa baik hati The Big Friendly Giant, BFG.

Di suatu malam ketika sedang sibuk berurusan dengan hal yang setiap hari di lakukannya dalam sekelebat malam, dia menangkap gadis kecil yatim piatu Sophie memperhatikannya. BFG harus “menculik” Sophie agar si mungil itu tidak menyebarkan berita kehadirannya di dunia. Mujur bagi Sophie, BFG punya hati yang baik dan bahkan bersedia membantu Sophie melawan sembilan raksasa pemakan manusia. Walaupun ada sang superior yang turut membantu, bagaimanakah rencana Sophie?

***

SAYA CINTAAAAAAAAAAA SEKALIIIIIIIII BUKU INIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII….

Belum banyak karya Roald Dahl yang saya baca tapi sudah menjadikan saya sangat menyukai pengarang hebat ini. Kisah BFG ini begitu membius, imajinatif, fantastis, membahagiakan, kumplit secara keseluruhan. Sepuluh bintang dari sepuluh. Baca buku ini juga bikin saya merasa tickle-tickle *bahasa apa ini* karena penggunaan kalimatnya aduh benar-benar seperti minum Frobbscottle (yang seperti soda tapi buihnya terbalik) lalu lompat karena pengaruhnya.  Bahkan BFG yang kurang ilmu verbalnya karena salah tata bahasa di sana sini membuat cerita ini sempurna untuk saya.

Saya benar-benar membayangkan cerita super keren ini (iya saya memuji sangat) dibacakan di tempat tidur seorang anak dan si anak tersebut akan selalu bertanya karena penggunaan kata-kata yang aneh dan lucu. Daaan ini yang bikin saya penasaran bagaimana versi Bahasa Indonesianya karena saya sungguh nggak bisa membayangkan bagaimana harus menerjemahkan bahasa-bahasa ajaib di buku ini tanpa mengubah segala hal yang begitu delumptious, whoppsy-whiffling, and jumbly.

Benar saja, informasi mengatakan bahwa buku ini telah memenangi sekian banyak penghargaan di antaranya Zilveren Griffel (1984), Books I Loved Best Yearly (BILBY) Awards for Read Aloud, Read Alone (1991), West Australian Young Readers’ Book Award (WAYRBA) for Younger Readers (1985), dan beberapa lainnya.

Saya nggak bisa meneruskan lagi kilas buku ini lewat tulisan karena saya bisa membocorkan detil buku ini dan itu akan merusak rasa penasaran bagi yang belum baca. Saya sangat sangat sangat sangat merekomendasikan buku ini. Yang belum baca, HARUS. BACA. BUKU. INI. BENERAN. SUMPAH. KEREN. ABIS.

Me gobbling up human beans! This I never! The others, yes! All the others is gobbling them up every night, but not me! I is a freaky Giant! I is a nice and jumbly Giant! I is the only nice and jumbly Giant in Giant Country! I is the BIG FRIENDLY GIANT! I is the BFG. What is your name?

lucky-no141Kilas buku ini juga ditulis untuk meramaikan Lucky No.14 Reading Challenge milik Mbak Astrid untuk kategori ‘Favorite Author”.

Leave a Reply

